Sabtu, 26 Maret 2016

Pantai Parangtritis Yogyakarta, Keindahan Yang Berbalut Misteri

Pantai Parangtritis Yogyakarta, Keindahan Yang Berbalut Misteri

March 17, 2016 | Jogja
Pantai parangtritis atau yang oleh warga jogja disingkat pantai paris merupakan satu nama pantai paling terkenal di kota budaya ini. Pantai yang terkenal dengan ombak besar dan mitos tentang Nyi Roro Kidul ini menyimpan sejuta keindahan dan juga berbalut misteri bagi yang mempercayainya. Apapun itu, bila sobat licious sedang berwisata ke Yogyakarta, selain keKeraton Yogyakarta, sobat juga harus datang ke pantai parangtritis.

Letak Dan Lokasi Pantai Parangtritis Yogyakarta

Pantai Parangtritis terletak 27 kilometer kea rah selatan dari pusat kota jogja. Bila sobat berkendara sendiri, cari saja jalan yang menuju kea rah jalan parangtritis. Sesampainya di jalan itu, sobat tinggal lurus terus ke selatan mengikuti aspal, dan sobat akan segera sampai di kawasan wisata pantai parangtritis.
Pantai Parangtritis Yogyakarta, Keindahan Yang Berbalut Misteri
Terletak di kawasan paling selatan pulau jawa, pantai parangtritis terhubung dengan samudra hindia. Suasana panas namun dengan hembusan angina kencang akan menyapa sobat saat sobat berada di kawasan objek wisata pantai parangtritis ini.

Mitos Dan Misteri Pantai Parangtritis

Orang Indonesia memang menyukai hal-hal yang berhubungan dengan mitos. Hampir setiap tempat terkenal yang ada di Indonesia memiliki mitosnya tersendiri. Sebut saja salah satunya mitos roro jonggrang di Candi Prambanan. Di Telaga Sarangan Magetan, juga ada mitos tentang ular naga.
Orang Indonesia, dan dalam hal ini Jawa, dan lebih khusus lagi orang Jogja tentu sudah mengenal mitos mengenai pantai parangtritis dan kerajaan jin yang dipimpin seorang ratu bernama NYi Roro Kidol.
Menurut sejarahnya awal mula penamaan pantai parangtritis ini adalah saat seorang pelarian dari kerajaan Majapahit yang sampai di di daerah laut berombak besar. Dia bersemedi di tempat itu. Banyak air yang “tumaritis” atau menetes dari “parang” atau celah-celah batu karang. Ia pun lalu menamainya sebagai parangtritis, atau berarti air yang menetes dari celah batu karang.
Mitos kemudian berlanjut saat era kerajaan mataram. Raja-raja jawa dipercaya memiliki hubungan khusus dengan sang penguasa laut selatan yaitu Nyi Roro Kidul. Hubungan itu dipercaya berlangsung hingga sekarang. Bahkan bila sobat membaca srtikel mengenai Wisata Keraton Yogyakarta sobat akan menemukan bahwa pembangunan keraton pun di selaraskan dengan pantai selatan.
Menurut salah satu cerita, hubungan keraton serta raja-raja Jawa dengan Nyi Roro Kidul berawal dari semedi Panembahan Senopati, Sang pendiri Kerajaan Mataram Islam yang saat bersemedi di laut selatan bertemu dengan Nyi Roro Kidul. Terjalin hubungan cinta diantara keduanya dan Nyi Roro Kidul pun kemudian berjanji akan membantu dan terus berhubungan dengan Keturunan dari Panembahan Senopati.
Satu lagi mitos yang dipercayai di pantai ini adalah larangan mengenakan baju warna hijau di sekitar wilayah pantai parangtritis. Warna hijau dipercaya sebagai warna kesukaan sang ratu launt selatan, dan juga merupakan warna pakaian bala tentaranya. Memakai warna hijau dipercaya bisa membuat sobat akan tergulung ombak saat berenang di pantai.
Semua merupakan mitos yang akan menimbulkan pro dan kontra. Wisatalicuous tidak akan mempermasalahkan hal itu, silahkan sobat menyikapi sendiri dengan bijak. Namun bagi masyarakat Jogja ada sebuah ritual upacara khusus yang disebut labuhan, yaitu memberi sesajen ke laut yang dilakukan setiap ulang tahun Sri Suktan sang Raja jogja. Warga cukup antusias dengan ritual ini karena dipercaya bisa membawa kemakmuran bagi Yogyakarta.
Pantai Parangtritis Yogyakarta, Naik Andong

Fasilitas Wisata Di Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis, atau Parangtritis beach kata orang bule, terus mengembangkan diri. Sekarang ada banyak aktifitas yang bisa sobat lakukan di sekitar objek wisata pantai parangtritis ini. Yang klasih dan tentu khas jogja tentunya adalah menaiki andong di sepanjang bibir pantai. Untuk kesan adventure, bisar gaul tentu sobat licious akan naik motor ATV yang bisa disewa. Dan untuk yang lebih menantang lagi, kini juga ada wisata paralayang parangtritis. Untuk yang satu ini sobat harus terlebih dahulu naik ke bukit paralayang di dekat pantai parangtritis.
Hotel dan penginapan pun banyak di sekitar pantai parangtritis. Penginapan murah di pantai parangtritis bosa sobat temui begitu memasuki objek wisata.
Soal makanan sobat bisa menikmati makan di warung-warung di pinggir pantai sambil mata menikmati gulungan ombak, telinga mendengar suaranya, dan menikmati hebusan angina di kulit. Minum es kelapa tentu menjadi pilihan di sinag hari. Saat malam menikmati jagung bakar di pinggir pantai adalah hal yang bisa dilakukan sebelum tidur.
Satu hal yang perlu menjadi perhatian saat bertamasya di pantai parangtritis adalah ombak besar dan arus bawah lautnya yang kuat. Jangan mandi terlalu jauh di pantai, ikuti instruksi penjaga pantai demi keselamatan.
Pantai Parangtritis Yogyakarta
Dari pantai parangtritis, sobat bisa juga berkendara ke pantai sekitar misal pantai depok. Seoanjang perjalanan, sobat akan bisa menikmati keindahan “gumuk” atau bukit pasir yang akan membuat seolah berada di padang pasir. Katanya sih, film ayat-ayat cinta pernah syuting di sini. Memang mirip sama padang pasir.
Wisata pantai parangtritis Yogyakarta
Yogyakarta memang memiliki beragam budaya dan daya tarik objek wisata. Salah duanya Candi Prambanan dan tentunya pantai parangtritis. Ada banyak hal menarik, indah dan berbalut mitos di pantai ini. Jadi, jika sobat berkunjung ke Jogja, jangan lupa untuk bertamasya ke pantai Parangtritis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar